Monday, May 2, 2011

ROTASI BUMI


              Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya . selain peredaran semu , rotasi bumi juga menyebabkan peristiwa siang dan malam, perbedaan waktu dan lain - lain sebagainya . Bumi juga beredar mengelilingi matahari yang disebut juga revolusi bumi, salah satu akibat dari revolusi bumi adalah matahari mengalami pergeseran antara garis balik utara 23,5 derajat LU dan garis balik selatan 23,5 derajat LS . 

Garis lintang merupakan garis yang membentang dari timur ke barat, garis lintang juga disebut GARIS PARALEL atau GARIS LATITUDE. lingkaran kutub utara terletak di 66,5 derajat LU (lintang utara) dan lingkaran kutub utara  di 66,5 derarjat LS(lintang selatan). setiap 1 derajat jarak garis lintang di ekuador mencapai 111 km. 

Lintang 90 derajat merupakan titik kedua bumi yang berada di utara dan selatan. kutub selatan terletak di 90 derajat lintang selatan (LS) , sedangkan kutub selatan terletak di 90 derajat lintang utara (LU).garis balik utara (GBU) terletak pada 23,5 derajat LU , garis balik selatan (GBS) terletak pada 23,5 derajat LS. 

Garis bujur merupakan garis yang membentang dari utara ke selatan dan menunjukan jarak dengan posisi barat ke timur. garis bujur juga sering disebut GARIS MEREDIAN atau GARIS ALTITUDE. garis bujur 0 derajat melewati kota greenwich inggris. 

Garis 180 derajat Bujur Barat berhimpit dengan 180 derajat Bujur Timur dinamakan dengan batas tanggal internasional yang terletak di sekitar hawai. bujur barat merupakan posisi tempat yang terletak pada meredian disebelah barat kota greenwich. Begitu juga bujur timur terletak pada meredian disebelah timur kota greenwich. 

Misalnya untuk letak suatu kota, jakarta cukup dengan mengetahui satu lintang dan hannya satu bujur saja (jakarta : 107 derajat Bujur Timur , 6 derajat LS) , sedangkan untuk menentukan letak daerah di muka bumi harus diketahui lintang dan bujurnya, contoh indonesia terletak di 95 derajat BT - 141 derajat BT , 6 derajat LU - 11 derajat LS , hawai terletak pada 155 derajat Bujur Barat - 161 derajat BT , 19 derajat LU - 23 derajat LU.



Bumi tidaklah diam , tetapi bumi ini mengalami pergerakan berputar pada porosnya yang disebut rotasi bumi. Bumi berotasi dari barat ke timur, perputaran bumi membutuhkan waktu 23 jam 59 menit. keliling bumi paling panjang terdapat pada garis khatulistiwa yaitu 40.000 km. sehingga kecepatan bumi di garis khatulistiwa adalah 40.000 : 24 = 1.667 km/jam. pada zaman dahulu terdapat anggapan GEOSETRIS , yaitu bumi sebagai pusat tata surya , tidak bergerak , berada di tengah - tengah alam semesta. arah rotasi bumi adalah dari barat ke timur sehingga mengakibatkan peredarann semu harian benda langit berarah dari timur ke barat.pemahaman bumi berotasi ini dapat kita bandingkan dengan perjalanan kereta api. saat kita berjalan dan kita berada di dalamnya mengeluarkan tangan dari jendela , maka akan terasa hembusan angin dari arah depan kereta api dari tangan kita.hembusan angin itu akan lebih terasa apabila kita mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi , misalnya dengan kecepatan 100 km/jam.

Apakah bukti yang menyatakan bahwa bumi berotasi ? bukti yang pernah dikemukakan antara lain :

1. Percobaan Berzenberg dan reich tahun(1802)

Percobaan ini di lakukan dengan cara menjatuhkan peluru - peluru logam dari ketinggian tertentu , yaitu dari sebuah menara.

2. Percobaan ayunan foucauult tahun(1852)

Percobaan ini berdasarkan pada asas - asas ilmu alam : '' sebuah bandul yang sekali di ayunkan , akan tetap berayun pada bidang ayunan yang sama selama tidak ada gaya lain yang mempengaruhinya. hukum ini di kenal dengan HUKUM HUYGENS.

Rotasi bimi mengakibatkan terjadinya banyak peristiwa yang dapat di jadikan bukti - bukti bahwa bumi itu berotasi. gejala alam dari rotasi bumi :

1. Peredaran semu matahari

Seperti telah kita tau bahwa matahari , bintang , bulan bergerak terbit dari timur dan terbenam di barat. pergerakan benda langit ini dinamakan Peredaran semu matahari.

2.Peristiwa siang dan malam

Indonesi di sekitar garis khatulistiwa , sehingga kita rasakan panjang periode satu hari antara siang dan malam hampir sama sepanjang tahun , panjang siang hari yang tidak selalu sama dengan panjang malam hari juga merupakan akibat kemiringan sumbu bumi terhadap EKLIPTIKA.

3. Peredaran waktu

Perbedaan waktu yang kita gunakan dalam kehidipan sehari - hari adalah Perbedaan waktu matahari. setiap 1 derajat jarak antara dua garis meredian berbeda waktu 4 menit atau tiap15 derajat akan mempunyai perbedaan 1 jam. Indonesia yang terletak pada 95 derajat BT - 141 derajat BT terbagi atas 3 daerah waktu.

a. waktu indonesia bagian barat (WIB) meliputi D.I.Aceh , Sumatra Barat , Sumatra Utara , Riau , Jambi , Jawa tengah dll.

b.waktu indonesia bagian tengah(WITA) meliputi Kalimantan Selatan , Kalimantan Timur , Sulawesi Selatan , Sulawesi Utara , Bali dll.

c. waktu indonesia bagian timur (WIT) meliputi Maluku dan Papua.

4. Perbedaan arah mata angin

Angin pusat adalah angin yang tetap bertiup dari daerah Subtropika(Utara dan Selatan) ke arah daerah khatulistiwa. angin ini sdesungguhnya angin Utara dan angin Selatan.Hukum Buys Ballot menerangkan bahwa udara akan bergerak dari daerah utara yang bertekan maksimum ke daerah minimum.

5.Bentuk bumi yang pepat

Akibat rotasi bumi ini juga menyebabkan bentuk bumi mengalami pemepatan pada kutub - kutubnya. barang yang lunak jika di putar tentu akan mengalami pemempatan kedua ujung sumbunya.

Penulis  :  Arifuwik  smk yp fatahillah cilegon
            

No comments:

Post a Comment

Post a Comment