Thursday, May 5, 2011

REVOLUSI BUMI


Selain bumi berputar pada porosnya , bumi juga mengalami pergerakan yang lain yaitu peredaran bumi mengelilingi matahari disebut dengan Revolusi . Periode revolusi bumi memerlukan waktu selama 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik dan disebut dangan satu tahun siderik . Arah revolusi bumi berlawanan dengan arah jarum jam dan sumbu bumi miring 66,5 derajat terhadap bidang ekliptika dengan arah kemiringan yang tetap.

Akibat dari revolusi bumi adalah sebagai berikut :

1. Pergeseran Matahari antara GBU dan GBS

Matahari mengalami pergeseran dari garis khatulistiwa ke belahan bumi bagian utara , tepatnya pada 23,5 derajat LU yang disebut dengan garis balik utara (GBU) . Matahari tidak menambah pergeseran ke utara lagi , tetapi dari GBU akan kembali ke khatulistiwa dan diteruskan ke belahan bumi bagian selatan yang berada di garis 23,5 derajat LS atau garis balik selatan (GBS) . Peristiwa pergeseran matahari tersebut akan dajelaskan pada gambar di bawah ini beserta keterangan tanggal dan bulannya .

2. Perubahan Panjang Siang dan Malam Hari

Ketika matahari berada di GBU pada tanggal 21 juni , belahan bumi utara mengalami siang hari lebih panjang daripada malam hari , begitu juga sebaliknya ketika matahari berada di GBS . Tetapi saat matahari berada di khatulistiwa maka siang hari dengan malam hari akan sama panjang (kecuali di kutub) .

3. Peredaran Semu Tahunan Matahari

Sekali beredar memerlukan waktu satu tahun siderik , yang beredar dengan arah negatif sepanjang ekliptika .

4. Perhitungan Tarikh Matahari

Satu tahun tarikh matahari disebut dengan satu tahun tropik , yaitu 365 hari 5 jam 48 menit 46 detik . Satu tahun biasa jumlah harinya adalah 365 , sedangkan satu tahun kabisat 365 hari . tahun abad dikatakan kabisat apabila angka abadnya habis di bagi menjadi empat , begitu juga tahun selain abad apabila angka tahunnya dapat di bagi empat maka dinamakan juga tahun kabisat .

5. Pergantian musim

Indonesia termasuk dearah iklim musim yang mempunyai dua musim , kemarau dan hujan . sedangkan daerah iklim sedang memiliki empat musim , yaitu panas (summer) , gugur (autumn) , dingin (winter) , dan semi (spring) .

No comments:

Post a Comment