Wednesday, May 11, 2011

PROSES PENGECORAN LOGAM


Sejarah Pengecoran Logam .
Baja Coran dibuat dari bahan logam yang dimasak didalam sebuah dapur tungku untuk dicairkan  dengan tingkat pemanasan suhu cair mencapai 1200 sampai 6000 derajat celcius, setelah semua bahan mencair, maka segera dituangkan kedalam cetakan yang sudah disiapkan lebih dulu kemudian dibiarkan  mendingin dan membeku. 

Oleh karena itu sejarah pengecoran yang ada dimuka bumi ini di mulai dari ketika orang -orang mengenal atau mengetahui bagaimana cara mencairkan logam dan bagaimana cara membuat cetakan, hal itu terjadi kira-kira ditahun sebelum masehi sedangkan perjalanan tahun lebih cepat tidak di ketahui orang. 

Membuat Coran .
Untuk  membuat coran harus dilakukan proses-proses seperti: pencairan logam, membuat cetakan, menuang, membongkar dan membersihkan coran. cetakan biasanya di buat dengan jalan memadatkan pasir. Pasir yang di pakai kadang-kadang pasir alm atau pasir buatan yang menampung tanah lempung, cetakan pasir mudah di buat dan tidak mahal asal di pakai pasir yang cocok. 

Kadang-kadang di campurkan pengikat khusus, umpamanya air kaca, semen, resinfuran, resinfenol atau minyak pengering., karena penggunaan zat-zat tersebut memperkuat cetakan atau mempermudah operasi pembuatan cetakan. Tentu saja penggunaan itu mahal, sehingga perlu memilih dengan mempertimbangkan bentuk bahan dan jumlah produk.
     

No comments:

Post a Comment