Friday, August 12, 2011

TAKEL PULI TETAP, TAKEL PULI BEBAS

      Untuk mengangkat barang dalam arah tegak dengan kapsitas umumnya sampai 5 ton. Untuk keperluan pemasangan atau pembongkaran suatu peralatan, bangunan atau bengkel-bengkel pada umumnya di pakar takel. Bila di perlukan gerakan mendatar, takel di gabungkan dengan peralatan lainnya. Konstruksi takel harus cukup ringan, karena takel biasanya harus mudah di gantungkan pada suatu tempat. Konstruksinya harus cukup kekar dan ringkas, dan juga di lengkapi dengan alat-alat untuk menggantungkan takel. Takel menurut jenisnya i bagi sebagai berikut :
1. Takel yang di gerakan tangan :
    a. Takel puli
    b. Takel di ferensial
    c. Takel roda gigi
    d. Takel ulir
2. Takel yang di gerakan motor :
    a. Takel listrik
    b. Takel preumatik/Hydroulic

1. Takel yang di gerakan tangan :
    a. Takel puli
        Takel puli terdiri dari gabungan antara puli dan kabel atau tali baja. Takel yang di rancang untuk mengangkat lebih dari 300 kg memakai kabel baja dan penariknya di pakai lir. Takel puli ada 2 macam, yaitu :
1) Takel puli tunggal
2) Takel puli majemuk

* Takel puli tunggal
   Ada 2 macam takel puli tunggal, yaitu :
   1) Takel puli tunggal tetap
   2) Takel puli tunggal bebas

Sunday, July 31, 2011

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN

Buat teman-teman SMK se Indonesia, kita ini sekolah pada sekolah kejuruan, apa yang akan kita perbuat dengan sekolah dikejuruan ini untuk bekal kita dimasa depan nanti dan bekal apa yang diperlukan untuk kita bawa atau peroleh untuk memasuki dunia industri dengan persaingan yang makin ketat .

Kita sebagai calon pengganti orang-orang yang sudah tua atau mungkin saja orang tua kita sendiri, kita mesti harus menyadari sebagai generasi penerusnya, apa yang harus kita lakukan dan harus kita siapkan untuk menyongsong masa depan .

Pertama kita harus menyiapkan mental dan spiritual kita terlebih dahulu supaya kita tidak terjerumus kedalam jurang kesesatan, teman-teman kita harus kuat imannya dan harus berani mengatakan dengan benar apa yang benar juga yang salah harus berani mengatakan salah disamping itu kita harus jujur .

Kedua kita harus mempunyai bekal ilmu dari saat kita menuntut ilmu di Sekolah Menengah Kejuruan ini dengan menyerap ilmu yang diberikan oleh guru-guru kita dari berbagai macam cabang ilmu yang diajarkan .
Apa bekal ilmu yang harus dibawa atau dimiliki untuk terjun memasuki dunia industri nanti.....?, sebetulnya ilmu yang diberikan disekolah itu cukup untuk memasuki dunia industri, tapi kalau kitanya benar-benar memahami dan mendalaminya atau pendek kata kita mau mempelajarinya dengan serius pasti kita bisa .

Inilah ilmu untuk bekal yang benar-benar harus kita pelajari disekolah dengan sungguh-sungguh  :

1 . MATEMATIKA  :  adalah ilmu yang akan sangat berguna sekali nanti dalam kita mengarungi dunia industri dengan berbagai macam kategori ilmu, untuk itu jangan disepelekan pelajaran matematika disekolah karena pelajaran ini akan sangat membantu kita saat-saat kita akan menghadapi test atau ujian masuk ke sebuah perusahaan industri apa saja .

2 . FISIKA  DAN  KIMIA    :  memang sudah bukan hal yang rahasia lagi bagi kita semua yang duduk dibangku sekolah menengah kejuruan, untuk mata pelajaran fisika dan kimia banyak yang takut untuk menghadapinya, padahal tidaklah seperti itu, yang penting kita bisa memahaminya walaupun hanya cuma sedikit saja itu sudah cukup, saran saya untuk teman-teman semua jangan takut walaupun kita dibilang bodoh, karena sedikit banyak ilmu fisika dan kimia ini juga nanti akan banyak membantu kita saat-saat kita ikut test calon tenaga kerja diperusahaan .

3 . BAHASA  INGGRIS    :  untuk bahasa inggris saya hanya bisa menyarankan untuk sering-sering membaca artikel yang berbahasa inggris dan mengartikannya dengan menggunakan kamus bahasa inggris, walaupun kita hanya mampu sepatah kata atau sebuah kalimat saja itu sudah cukup, asalkan kita sering melatihnya nanti lama kelamaan kita akan terbiasa dengan kalimat atau tulisan berbahasa inggris, sebab kenapa kita harus mengenal bahasa inggris itu...?, karena semua hal pekerjaan berbau tehnik itu selalu menggunakan bahasa inggris .

4 . ILMU  TEHNIK KEJURUAN    :  Disinilah kunci keberhasilan kita semua sebagai calon juru tehnik untuk semua jurusan, jangan sekali-kali kita untuk meninggalkan mata pelajaran ilmu tehnik kejuruan untuk semua jurusan dan kita harus benar-benar memahami dan mempraktekkan disekolah maupun nanti untuk bekal kerja diperusahaan, apabila kita meninggalkan mata pelajaran tehnik kejuruan jangan harap anda akan sukses nantinya dan kitapun akan menyesal tiada berguna lagi, kasihan orang tua kita yang sudah banyak mengeluarkan biaya untuk kita sekolah .

SEKIAN  SEPATAH  KATA  DARI  SAYA  BUAT  TEMAN-TEMAN  SE SMK  INDONESIA, SALAM  SAYA  BUAT  TEMAN-TEMAN  SEMUA .

Wednesday, July 27, 2011

TIPS SEBELUM MEMBUBUT



Mmbubut merupakan suatu mesin perkakas tangan yang digunakan untuk memotong benda kerja yang diputar.
 Hal - Hal umum yang harus diperhatikan pada saat bekerja dengan mesin bubut :
1. Sebelum mengoprasikan mesin bubut, baca terlebih dahulu intruksi manualnya
2. Upayakan tempat bekerja tetap dalam keadaan bersih
3. Gunakan penerangan yang memadai di tempat kerja
4. Hindari pengoperasian mesin pada lingkungan yang berbahaya, seperti lingkungan yang banyak mengandung bahan mudah terbakar
5. Sebelum menghubungkan mesin dengan sumber listrik yakinkan bahwa main switch dalam keadaan mati
6. Harus ada batas aman untuk pengunjung
7. Ketika membersihkan mesin, upayakan mesin dalam keadaan mati. akan lebih baik jika hubungan sumber listrik diputus.
8. Gunakan selalu alat dan perlengkapan sesuai dengan yang di tentukan
9. Gunakan alat sesuai dengan fungsinya

Saturday, July 16, 2011

Motorcycle Pricelist

Harga untuk nomor polisi B (DKI, Tangerang, Bekasi, Depok dan sekitarnya)

Harga per 1 Juni 2011

TYPE PRICE
Satria F150 18.565.000,-
Thunder 15.540.000,-
Skydrive 13.200.000,-
Skydrive Racing 13.300.000,-
Titan 115 10.825.000,-
Titan 115 R 11.900.000,-
Titan 115 SR 12.975.000,-
Axelo 125 13.935.000,-
Axelo 125 S 14.815.000,-
Axelo 125 R 15.183.000,-
Spin Std 11.750.000,-
Spin SR 12.525.000,-
Spin NR 12.800.000,-
Spin Daytona 12.828.000,-
Hayate 14.300.000,-

SUZUKI SKUTIK HAYATE 125



Hayate 125 :
Gayaku, Pilihanku
Inilah skutik idola baru yang tampil keren penuh gaya. Dengan desainnya yang mewah dan sporty mengendarai Hayate 125 bikin penampilan kamu jadi berbeda. Ayo, tunjukkan gayamu dengan Hayate 125, pilihan tepat buat gaul dan beraksi.





DIMENSI

Panjang Keseluruhan mm 1.925
Lebar Keseluruhan mm 670
Tinggi Keseluruhan mm 1.070
Jarak Antara As Roda mm 1.285
Jarak Mesin ke Tanah mm 140
Berat Kendaraan kg 113
             

MESIN

Jenis
4 langkah, SOHC
Jumlah Silinder
1 (tunggal)
Diameter Silinder
53.5 mm
Langkah Piston
55.2 mm
Kapasitas Silinder
124 cc
Perbandingan Kompresi
9.6 : 1
Daya Maksimum ps/rpm 9.6/8.000
Torsi Maksimum Nm/rpm 9.8/6.000
Karburator
MIKUNI BS 26
Saringan Udara
Elemen Kertas
Sistem Starter
Listrik dan engkol
                 

TRANSMISI

Kopling
Kering, otomatis, Tipe Sentrifugal
Sistem Penggerak
Super CVT dengan V-belt
              

RANGKA

Rangka
Underbone
Suspensi Depan
Teleskopik, Pegas Ulir, Peredam Oli
Suspensi Belakang
Lengan ayun, Tabung Ganda, Pegas Ulir, Peredam Oli
Sudut Kemudi
45° (Kanan dan Kiri)
Rem Depan
Cakram Hidrolis
Rem Belakang
Tromol
Ukuran Ban Depan
70/90 - 16 M/C 36 P
Ukuran Ban Belakang
80/90 - 16 M/C 43 P
            

SISTEM LISTRIK

Sistem Pengapian
DC CDI (Digital)/Spark Ignition
Busi
NGK C6HSA/ND U20FS-U
Baterai
12 Volt (3.6Ah) 10 HR
Kapasitas :

Bagasi Bawah Jok
17.7   L
Tangki Bensin
5.0 L